Minggu, 21 Oktober 2012

gondang sweet



Gondang Sweet Ada Banyak Potensi

            Gondanglegi adalah alamat rumah saya yang merupakan salah satu kecamatan di kabupaten di Malang atau  yang biasa disebut Gondang Sweet oleh ABG (Anak Baru Gede) jaman sekarang. Gondanglegi terletak di daerah Malang selatan yang berbatasan dengan kecamatan Kepanjen disebelah barat, kecamatan Turen sebelah timur, kecamatan Pagelaran disebelah selatan dan kecamatan Bululawang disebelah utara.

Gondanglegi mempunyai wilayah yang cukup luas, terdiri dari 13 desa,Gondanglegi juga mempunyai potensi yang cukup bagus. Diantaranya sebagai berikut:


1.      Pertanian

Potensi pertanian di Gondanglegi sangatlah bagus karena didukung dengan lahan yang cukup luas, tanah yang subur, dan sarana irigasi yang sangat memadai. Wah sangat cocok sekali bila bertani dan berkebun di Gondang Sweet, eh maksud saya di Gondanglegi.

2.      Pendidikan

Tak hanya pada pertanian yang terdapat potensi yang sangat bagus. di Gondanglegi, pendidikan juga sangat berpotensi. Sekolah – sekolah yang terdapat di Gondanglegi tak kalah kualitasnya dengan sekolah – sekolah Negri Yang berada di daerah kota. Mulai dari PLAY GROUP, TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MAN sekolah – sekolah di Gondanglegi bermutu tinggi dengan mengedepankan Akhlakul Kharimah dengan biaya yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Selain sekolah – sekolah formal, di Gondanglegi juga terdapat banyak sekali Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah yang sangat kental dengan pelajaran syari’ah Agama Islam. Dengan tujuan masyarakat Gondanglegi mempunyai Iptek Dan Imtaq yang sangat kuat.

3.      Pariwisata

Terdapat banyak sekali tempat pariwisata di Gondanglegi yang asri dan indah serta alami dengan biaya yang murah bahkan gratis, digondanglegi terdapat beberapa pemandian alami atau sering disebut oleh masyarakat sekitar sumber. salah satunya adalah sumber taman. pemandian Sumber Taman ini  terletak di sebelah barat dari kota gondanglegi Malang Jawa Timur. Sumber taman terletak di desa brongkal kecamatan Pagelaran Kecamatan Gondanglegi. Sekitar 5 km dari kota kepanjen ke arah timur. Sesuai dengan namanya Sumber taman merupakan mata air yang cukup besar. Air nya jernih dan memancar deras dari bawah pohon beringin yang sangat besar. Terlihat jelas dasar telaga karena kejernihan airnya. Besarnya sumber air ini dimanfaatkan oleh warga dengan membuat sebuah telaga yang cukup besar. Telaga inilah yang dijadikan sarana wisata air oleh para khalayak.

Perjalan yang dapat ditempuh dari arah gondanglegi kurang lebih adalah 15 menit.
Pemandian ini sangat indah dan masih alami, akses jalan masuk kekawasan pemandian ini meski tidak terlalu bagus tetapi setelah diperbaiki, sekarang sudah lumayan bagus.
dari kiri kanan jalan, terbentang sawah dan pepohonan yang menghijau dan udaranya
sangat sejuk. Ketika anda sudah sampai di sumber taman maka anda akan melihat keindahan dan keasrian sumber ini, disamping itu  Airnya yang begitu jernih dan disekitar area terdapat
pepohonan yang menambah keasrian pemandian ini, disamping itu disebelah timur
pemandian juga terdapat lapangan untuk bermain bola meskipun tidak terlalu luas.
Banyak yang mandi di air sumber yang jernih ini. Terutama anak - anak dan pemuda pemudi. Dengan kedalaman berkisar antara 1 hingga 1.5 meter menjadikan sumber taman menjadi alternatif wisata air yang sangat murah meriah. Karena tidak ada biaya tiket masuk yang dipungut. Disekitar mata air kini juga banyak pohon - pohon besar yang memang sengaja di jadikan wilayah konservasi untuk menjaga mata air agar tetap deras.

Biasanya para pengunjung berbondong-bondong pada waktu hari minggu atau
hari libur sekolah,  tetapi meskipun hari- hari biasa tetap saja masih banyak pengunjungnya. Karena Beningnya air, menyejukkan siapa saja yang melihatnya, terdorong setiap badan untuk segera menceburkan diri sekedar untuk berendam sebentar atau bahkan lebih lama. Segar, sejuk ditemani dengan rindangnya dua pohon besar yang mensuplai sumber air dalam jumlah yang besar. Mengalir dengan deras ke tempat yang lebih rendah tatkala wilayah luberan air jernih tak mampu menampung banyaknya massa yang menggenanginya. Air sumber ini sangat bermanfaat, karena di bawah tempat yang lebih rendah disambut dengan persawahan yang telah terkelola dengan suburnya. Sepertinya persawahan tersebut di pakai oleh proyek penelitian mahasiswa-mahasiswa pertanian dari sebuah Universitas. Karena tiap-tiap petak sawah nampak nama-nama jenis padi yang telah ditanam.

Selain sebagai tempat wisata, sumber taman juga sering dijadikan tempat perkemahan, dan  out bond. Pemandian Sumber Taman ini sebenarnya merupakan aset daerah yang
perlu dikelola dengan lebih  serius karna sangat berpotensi, sehingga bisa lebih memberikan
kesejahteraan untuk masyarakat sekitar.

            Dan masih banyak potensi lainya yang terdapat di gondang sweet….

sumbertamansumbertamansumbertaman

Gambar Sumber Taman Tempat Pari Wisata Di Gondanglegi

3 komentar:

  1. sip sip, saya juga asal gondanglegi ^^

    BalasHapus
  2. bukannya pemandian sumbertaman itu tempatnya berada di kec. pagelaran ya?

    BalasHapus